Minggu, 19 Februari 2012

LEMBAR KERJA SISWA


LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
MAKALAH
Mata Pelajaran                    :    Biologi
Kelas / Semester                :   VII/ 2
Pertemuan ke                     :   1
Metode                              :     Eksperimen
Topik                                 :    Perbedaan Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup

     I.     Standar Kompetensi        :   6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup.
  II.     Kompetensi Dasar           :    6.1 Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
III.     Landasan Teori                :    Amatilah  aktivitas makhluk hidup di sekitarmu. Aktivitas apa yangkamu temui? Kamu mungkin akan menjumpai orang yang sedang berjalan dan mobil yang sedang melaju. Perhatikan, mobil dan orang sama-sama bergerak, namun samakah gerak yang diperlihatkan keduanya? Apakah semua yang bergerak dapat dikatakan sebagai makhluk hidup? Agar kamu tahu perbedaan makhluk hidup dan benda tak hidup, mari kita lakukan kegiatan berikut ini.
IV.     Tujuan                             :    1. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
2. Mengidentifikasi perbedaan makhluk hidup dan benda tak hidup
V.            Alat dan bahan                :    Lks / Gambar.
Petunjuk Kerja                   :  1. Amatilah makhluk hidup dan benda tak hidup yang ada di sekitarmu.
2. Tuliskan ciri-ciri yang ada pada makhluk hidup dan makhluk tak hidup yang kamu amati. Catat pula aktivitas yang dilakukan.
3. Tuliskan hasil pengamatanmu ke dalam tabel.







No.
Makhluk Hidup yang Diamati
Ciri
Aktifitas yang Dilakukan
1.
Semut
Bergerak
Berjalan dari satu tempat ke tempat lain
2.



3.



4.



5.




No.
Makhluk tak hidup
Ciri
Aktifitas yang Dilakukan
1.
Batu


2.



3.



4.



5.




Pertanyaan
1.      Apa saja ciri yang ada pada makhluk hidup?
2.      Apakah perbedaan ciri antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup?
3.      Buatlah kesimpulan dari kegiatan yang telah kamu lakukan tersebut!









LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
PRAKTIKUM
Mata Pelajaran                    :    Biologi
Kelas / Semester                :   VII/ 2
Pertemuan ke                     :   1
Metode                              :     Eksperimen
Topik                                 :    Pengamatan Protista dan Monera

VI.     Standar Kompetensi        :   6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup.
VII.     Kompetensi Dasar           :    6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasrkan ciri-ciri  yang dimiliki
VIII.     Landasan Teori                :    Kingdom atau dunia Monera adalah makhluk hidup bersel satu.Bagaimana cara mengamati hewan ini? Beberapa jenis Monera berupa benang atau berbentuk koloni. Organisme ini tidak memiliki inti sejati atau prokariotik. Sebagian besar bersifat heterotrof. Tahukah kamu, apa perbedaan dunia Protista dengan dunia Monera? Kingdom Protista terdiri dari makhluk hidup bersel satu. Protosta ada yang hidup terpisah, berkoloni, atau merupakan organisme multiseluler sederhana. Protista memiliki selaput inti sehingga disebut eukariota, yaitu inti selnya terlindung oleh selaput inti. Kebanyakan bersifat  heterotrof. Organisme ini berkembang biak dengan cara

IX.     Tujuan                             :    Mengamati Protista dan Monera yang ada di lingkungan sekitar
  X.     Alat dan bahan                :    1. Mikroskop
2. Kaca benda 3 buah
3. Kaca penutup 3 buah
4. Pipet tetes 3 buah
5. Air jerami/ kolam yang didalamnya terdapat Paramecium, Euglena dan Oscillatoria
XI.     Petunjuk Kerja                :  1.    Ambilah setetes air kolam atau jerami, lalu teteskan kultur air pada kaca benda kemudian tutup dengan kaca penutup.
2.      Amati objek mula-mula dengan perbesaran lemah (10), jika pengamatan kurang jelas gunakan perbesaran kuat (40). Ingat, saat Euglena diamati sebaiknya organisme tersebut dalam keadaan hidup.
3.      Setelah kamu menemukan organisme tersebut, gambarlah dan diskripsikan ciricirinya.
4.      Laporkan hasil pengamatanmu kepada gurumu.

Pertanyaan
1.      Berdasarkan hasil pengamatanmu, organisme apakah yang tergolong Protista?
2.      Berdasarkan hasil pengamatanmu, organisme apakah yang tergolong Monera?
3.      Apakah ciri dari masing-masing organisme tersebut?Rounded Rectangle: Setelah melakukan praktikum, buatlah laporan hasil pengamatan dengan format penulisan karya ilmiah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar