LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
MAKALAH
Mata Pelajaran
: Biologi
Kelas / Semester :
VII/ 2
Pertemuan ke : 1
Metode : Eksperimen
Topik : Perbedaan Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup
I. Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup.
II. Kompetensi Dasar : 6.1 Mengindentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
III.
Landasan Teori :
Amatilah aktivitas makhluk hidup di sekitarmu.
Aktivitas apa yangkamu temui? Kamu mungkin akan menjumpai orang yang sedang
berjalan dan mobil yang sedang melaju. Perhatikan, mobil dan orang sama-sama
bergerak, namun samakah gerak yang diperlihatkan keduanya? Apakah semua yang
bergerak dapat dikatakan sebagai makhluk hidup? Agar kamu tahu perbedaan
makhluk hidup dan benda tak hidup, mari kita lakukan kegiatan berikut ini.
IV.
Tujuan :
1. Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
2. Mengidentifikasi
perbedaan makhluk hidup dan benda tak hidup
V.
Alat dan bahan : Lks /
Gambar.
Petunjuk Kerja : 1. Amatilah makhluk hidup dan benda tak hidup
yang ada di sekitarmu.
2. Tuliskan ciri-ciri yang ada pada makhluk hidup dan makhluk tak hidup
yang kamu amati. Catat pula aktivitas yang dilakukan.
3. Tuliskan hasil pengamatanmu ke dalam tabel.
No.
|
Makhluk
Hidup yang Diamati
|
Ciri
|
Aktifitas
yang Dilakukan
|
1.
|
Semut
|
Bergerak
|
Berjalan dari satu tempat ke tempat lain
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
No.
|
Makhluk tak hidup
|
Ciri
|
Aktifitas yang Dilakukan
|
1.
|
Batu
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
Pertanyaan
1.
Apa saja ciri yang ada
pada makhluk hidup?
2.
Apakah perbedaan ciri
antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup?
3.
Buatlah kesimpulan dari
kegiatan yang telah kamu lakukan tersebut!
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
PRAKTIKUM
Mata Pelajaran
: Biologi
Kelas / Semester :
VII/ 2
Pertemuan ke : 1
Metode : Eksperimen
Topik : Pengamatan Protista dan Monera
VI.
Standar
Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup.
VII.
Kompetensi Dasar : 6.2
Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasrkan ciri-ciri yang dimiliki
VIII.
Landasan Teori :
Kingdom
atau dunia Monera adalah makhluk hidup bersel satu.Bagaimana cara
mengamati hewan ini? Beberapa jenis Monera berupa benang atau berbentuk
koloni. Organisme ini tidak memiliki inti sejati atau prokariotik. Sebagian
besar bersifat heterotrof. Tahukah kamu, apa perbedaan dunia Protista
dengan dunia Monera? Kingdom Protista terdiri dari makhluk hidup
bersel satu. Protosta ada yang hidup terpisah, berkoloni, atau merupakan
organisme multiseluler sederhana. Protista memiliki selaput inti
sehingga disebut eukariota, yaitu inti selnya terlindung oleh selaput inti.
Kebanyakan bersifat heterotrof.
Organisme ini berkembang biak dengan cara
IX.
Tujuan :
Mengamati Protista dan Monera yang ada
di lingkungan sekitar
X.
Alat dan bahan : 1. Mikroskop
2. Kaca benda 3 buah
3. Kaca penutup 3 buah
4. Pipet tetes 3 buah
5. Air jerami/ kolam yang didalamnya terdapat
Paramecium, Euglena dan Oscillatoria
XI.
Petunjuk
Kerja : 1. Ambilah setetes air kolam atau jerami, lalu teteskan kultur air
pada kaca benda kemudian tutup dengan kaca penutup.
2.
Amati objek mula-mula dengan
perbesaran lemah (10), jika pengamatan kurang jelas gunakan perbesaran kuat
(40). Ingat, saat Euglena diamati sebaiknya organisme tersebut dalam
keadaan hidup.
3.
Setelah kamu menemukan
organisme tersebut, gambarlah dan diskripsikan ciricirinya.
4.
Laporkan hasil
pengamatanmu kepada gurumu.
Pertanyaan
1.
Berdasarkan hasil
pengamatanmu, organisme apakah yang tergolong Protista?
2.
Berdasarkan hasil
pengamatanmu, organisme apakah yang tergolong Monera?
3.
Apakah ciri dari
masing-masing organisme tersebut?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar