Mata
Pelajaran : IPA (Ilmu
Pengetahuan Alam)
Kelas/Semester : I/1
Pertemuan
Ke : I (Satu)
Alokasi
Waktu : 1 x 35 Menit
Standar
Kompetensi : 1.1 Mengenal anggota tubuh dan kegunaan, serta
cara perawatannya.
Kompetensi
Dasar : 1.2 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya.
Indikator : - Menunjukkan bagian-bagian tubuh (mata,
hidung, telinga, gigi, dll.
-
Menceritakan kegunaan bagian-bagian
tubuh yang diamati.
-
Menunjukkan cara merawat tubuh.
-
Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh
sehat dan kuat.
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
-
Siswa dapat mendengarkan dan menyanyikan
lagu dua mata saya
-
Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian
anggota tubuh dan kegunaannya
-
Siswa dapat menjelaskan dan membiasakan
merawat tubuhnya.
II. MATERI
PEMBELAJARAN
Bagian-bagian anggota tubuh,
kegunaan dan cara perawatan.
III. METODE
PEMBELAJARAN
Metode
Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
Metode : Ceramah
Demonstrasi
Tanya Jawab dan Diskusi
IV. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Awal (5 Menit)
-
Memperingatkan cara duduk yang baik
-
Berdoa sebelum pelajaran di mulai
-
Mempersiapkan materi ajar, model dan
alat peraga
2. Kegiatan
Inti (20 Menit)
Siswa dibagi berkelompok
No.
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Guru menyanyikan lagu “dua mata saya”
Guru menampilkan gambar anggota tubuh
Guru menjelaskan bagian-bagian tubuh
Guru menyebutkan kegunaan dari
bagian-bagian tubuh dan cara perawatannya.
Guru membagikan LKS kepada
masing-masing siswa
Guru membimbing siswa bekerja
Guru menilai kerja siswa
|
Siswa menyanyikan secara bersama-sama
Siswa memperhatikan gambar tersebut
Siswa mendengarkan dengan baik
Siswa memperhatikan penjelasan guru
dengan baik
Siswa mengerjakan LKS
Siswa bekerja dengan baik
|
3. Kegiatan
Akhir (10 Menit)
-
Membuat kesimpulan dari materi yang
diajarkan
-
Mengerjakan post test
V. ALAT
DAN SUMBER BAHAN
Buku
SAINS Kelas I Penerbit Erlangga, Haryanto
Gambar
anggota tubuh
LTS
(Terlampir)
VI. PENILAIAN
Nilai
siswa diambil dari :
Penilaian
proses : Afektif dan psikomotor
Pengamatan/observasi (Lembaran observasi
terlampir)
Post
Test : Kognitif
Dengan menjawab pertanyaan melalui test
tertulis (essay)
Guru Kelas I
KHADIJAH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar