Nama Sekolah :
SD Negeri 004 Mundam
Mata Pelajaran
: Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester
: V/1
Pertemua Ke- :
18 – 22
Alokasi waktu
: 10 jam pelajaran
Standar
kompetensi : 2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan
Kompetensi
Dasar : 2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan
2.2
Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan
pada tumbuhan
hijau sebagai sumber makanan
Indikator : 1.
Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya
sendiri dengan
bantuan cahaya matahari dan cahaya
lain
2. Menunjukkan
tempat tumbuhan menyimpan cadangan
makanan
3.
Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang digunakan oleh
manusia dan
hewan untuk makanannya
4. Menjelaskan
pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia
dan hewan sebagai
sumber energi
5. Memprediksi
yang akan terjadi apabila di dunia ini tidak
ada tumbuhan
hijau
I. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1. menjelaskan
proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan
bantuan cahaya
matahari dan cahaya lain;
2. menunjukkan
tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan;
3. menyebutkan
bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan
untuk
makanannya;
4. menjelaskan
pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai
sumber energi;
5. menyebutkan
yang akan terjadi apabila di dunia ini tidak ada tumbuhan
hijau.
26 KTSP
Jendela IPA SD 5A R1
II. Materi
Pembelajaran
Tumbuhan hijau
III. Metode
Pembelajaran
Informasi,
pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan Ke-18
Kegiatan Awal
1. Guru
menyediakan charta proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
2. Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan cara hewan dan tumbuhan di
sekitar
memperoleh makanan.
Kegiatan Inti
1. Guru
menjelaskan proses tumbuhan hijau berfotosintesis.
2. Dengan
dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 4.1 untuk mengetahui
bahan-bahan
yang diperlukan tumbuhan hijau dalam berfotosintesis.
3. Dengan
dipandu guru, siswa menceritakan proses fotosintesis pada
tumbuhan
hijau.
Kegiatan Akhir
Guru
menyimpulkan dengan cara menjelaskan fungsi tiap komponen yang
diperlukan
tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.
Pertemuan Ke-19
Kegiatan Awal
1. Guru
mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan hasil fotosintesis.
Kegiatan Inti
1. Guru
menjelaskan hasil fotosintesis, yaitu karbohidrat dan oksigen.
2. Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan karbohidrat dan
oksigen bagi
kehidupan baik bagi tumbuhan, manusia, maupun hewan.
Kegiatan Akhir
Guru
menyimpulkan dengan cara menjelaskan kegunaan hasil fotosintesis bagi
kehidupan.
KTSP
Jendela IPA SD 5A R1 27
Pertemuan Ke-20
Kegiatan Awal
1. Guru
mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuaan
sebelumnya.
2. Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan fungsi cadangan makanan bagi
tumbuhan.
Kegiatan Inti
1. Guru
menjelaskan fungsi cadangan makanan bagi tumbuhan.
2. Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan tempat menyimpan cadangan
makanan
tumbuhan, antara lain pada umbi, buah, biji, dan batang.
3. Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menyimpan
cadangan
makanan pada umbi, misalnya wortel, singkong, bawang merah,
dan kentang.
4. Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menyimpan
cadangan
makanan pada buah, antara lain apel, jeruk, mangga, anggur, dan
pisang.
5. Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menyimpan
cadangan
makanan pada biji, antara lain padi, jagung, dan kedelai.
6. Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menyimpan
cadangan
makanan pada batang, antara lain tebu dan sagu.
Kegiatan Akhir
Guru
menyimpulkan dengan cara menjelaskan bagian tumbuhan di sekitar yang
digunakan
untuk menyimpan makanan cadangan.
Pertemuan Ke-21
Kegiatan Awal
1. Guru
mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan bagian tumbuhan yang digunakan
sebagai bahan
makanan.
Kegiatan Inti
1. Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan bahan makanan yang berasal
dari tumbuhan,
antara lain sayur-mayur, buah-buahan, kacang-kacangan,
biji-bijian,
dan umbi-umbian.
28 KTSP
Jendela IPA SD 5A R1
2. Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan sayur-mayur yang dapat
ditemukan
dalam kehidupan sehari-hari.
3. Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan bagian tumbuhan yang dapat
dibuat sayur,
misalnya daun pada bayam, sawi, dan kangkung; bunga pada
bunga kol;
buah pada terung, kacang panjang, dan labu siam; tunas yang
berupa rebung
dan tauge.
4. Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menghasilkan
buah, antara
lain jeruk, belimbing, dan pepaya.
5. Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai jenis kacang yang
digunakan
sabagai bahan makanan.
6. Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan biji-bijian yang digunakan
sebagai bahan
makanan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain padi dan
jagung.
7. Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan umbi-umbian yang dimanfaatkan
sebagai bahan
makanan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain kentang
dan singkong.
Kegiatan Akhir
Guru
menyimpulkan dengan cara menjelaskan bagian tumbuhan yang
dimanfaatkan
sebagai bahan makanan.
Pertemuan Ke-22
Kegiatan Awal
1. Guru
mengingatkan materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan fungsi tumbuhan hijau bagi
kehidupan di
dunia.
Kegiatan Inti
1. Guru
menjelaskan fungsi tumbuhan sebagai sumber oksigen dan sumber
energi.
2. Dengan
dipandu guru, siswa menceritakan ketergantungan hewan dan
tumbuhan untuk
memperoleh energi baik secara langsung maupun tidak
langsung.
3. Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan apa yang akan terjadi jika di
dunia tidak
ada tumbuhan hijau.
KTSP
Jendela IPA SD 5A R1 29
Kegiatan Akhir
Guru
menyimpulkan dengan cara menjelaskan fungsi tumbuhan hijau sebagai
sumber oksigen
dan sumber energi.
V. Alat/Bahan/Sumber
Belajar
• Buku Jendela IPA
5A terbitan
PT Tiga Serangkai halaman 67 – 82
• Charta
bagian-bagian tumbuhan
• Alat-alat
tulis
VI. Penilaian
• Keaktifan
dalam menjawab pertanyaan, sikap dan tingkah laku. Contoh
lembar
pengamatan terlampir.
• Mengerjakan
soal latihan pada halaman 80 – 82.
Mengetahui
Dilaksanakan, ..........................
Kepala
Sekolah, Guru Kelas,
(_______________________)
(_______________________)
NIP. .........................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar