Minggu, 20 November 2011

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (SD)


Nama Sekolah : SD Negeri 004 Mundam
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : V/1
Pertemua Ke- : 18 – 22
Alokasi waktu : 10 jam pelajaran
Standar kompetensi : 2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan
Kompetensi Dasar : 2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan

2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan
pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
Indikator : 1. Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya
sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya
lain
2. Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan
makanan
3. Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang digunakan oleh
manusia dan hewan untuk makanannya
4. Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia
dan hewan sebagai sumber energi
5. Memprediksi yang akan terjadi apabila di dunia ini tidak
ada tumbuhan hijau
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1. menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan
bantuan cahaya matahari dan cahaya lain;
2. menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan;
3. menyebutkan bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan
untuk makanannya;
4. menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai
sumber energi;
5. menyebutkan yang akan terjadi apabila di dunia ini tidak ada tumbuhan
hijau.
26 KTSP Jendela IPA SD 5A R1
II. Materi Pembelajaran
Tumbuhan hijau
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-18
Kegiatan Awal
1. Guru menyediakan charta proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara hewan dan tumbuhan di
sekitar memperoleh makanan.
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan proses tumbuhan hijau berfotosintesis.
2. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 4.1 untuk mengetahui
bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan hijau dalam berfotosintesis.
3. Dengan dipandu guru, siswa menceritakan proses fotosintesis pada
tumbuhan hijau.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan fungsi tiap komponen yang
diperlukan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.
Pertemuan Ke-19
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hasil fotosintesis.
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan hasil fotosintesis, yaitu karbohidrat dan oksigen.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan karbohidrat dan
oksigen bagi kehidupan baik bagi tumbuhan, manusia, maupun hewan.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kegunaan hasil fotosintesis bagi
kehidupan.
KTSP Jendela IPA SD 5A R1 27
Pertemuan Ke-20
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuaan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan fungsi cadangan makanan bagi
tumbuhan.
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan fungsi cadangan makanan bagi tumbuhan.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tempat menyimpan cadangan
makanan tumbuhan, antara lain pada umbi, buah, biji, dan batang.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menyimpan
cadangan makanan pada umbi, misalnya wortel, singkong, bawang merah,
dan kentang.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menyimpan
cadangan makanan pada buah, antara lain apel, jeruk, mangga, anggur, dan
pisang.
5. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menyimpan
cadangan makanan pada biji, antara lain padi, jagung, dan kedelai.
6. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menyimpan
cadangan makanan pada batang, antara lain tebu dan sagu.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan bagian tumbuhan di sekitar yang
digunakan untuk menyimpan makanan cadangan.
Pertemuan Ke-21
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian tumbuhan yang digunakan
sebagai bahan makanan.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bahan makanan yang berasal
dari tumbuhan, antara lain sayur-mayur, buah-buahan, kacang-kacangan,
biji-bijian, dan umbi-umbian.
28 KTSP Jendela IPA SD 5A R1
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan sayur-mayur yang dapat
ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian tumbuhan yang dapat
dibuat sayur, misalnya daun pada bayam, sawi, dan kangkung; bunga pada
bunga kol; buah pada terung, kacang panjang, dan labu siam; tunas yang
berupa rebung dan tauge.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menghasilkan
buah, antara lain jeruk, belimbing, dan pepaya.
5. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai jenis kacang yang
digunakan sabagai bahan makanan.
6. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan biji-bijian yang digunakan
sebagai bahan makanan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain padi dan
jagung.
7. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan umbi-umbian yang dimanfaatkan
sebagai bahan makanan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain kentang
dan singkong.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan bagian tumbuhan yang
dimanfaatkan sebagai bahan makanan.
Pertemuan Ke-22
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan fungsi tumbuhan hijau bagi
kehidupan di dunia.
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan fungsi tumbuhan sebagai sumber oksigen dan sumber
energi.
2. Dengan dipandu guru, siswa menceritakan ketergantungan hewan dan
tumbuhan untuk memperoleh energi baik secara langsung maupun tidak
langsung.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan apa yang akan terjadi jika di
dunia tidak ada tumbuhan hijau.
KTSP Jendela IPA SD 5A R1 29
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan fungsi tumbuhan hijau sebagai
sumber oksigen dan sumber energi.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 5A terbitan PT Tiga Serangkai halaman 67 – 82
• Charta bagian-bagian tumbuhan
• Alat-alat tulis
VI. Penilaian
• Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap dan tingkah laku. Contoh
lembar pengamatan terlampir.
• Mengerjakan soal latihan pada halaman 80 – 82.
Mengetahui Dilaksanakan, ..........................
Kepala Sekolah, Guru Kelas,
(_______________________) (_______________________)
NIP. .........................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar